Penting! Ketahuilah 5 Sisi Praktis Gunakan E-Toll di GTO

Pemberlakuan sistem e-Toll sejak tanggal 31 Oktober 2017 dilakukan oleh Bank Indonesia atas perintah dari pemerintah. 5 sisi praktis dari penggunaan e-money di gerbang tol adalah hal yang penting dan harus Anda ketahui. Berikut ini adalah pemaparan dari setiap nilai praktis ketika menggunakan e-money untuk transaksi di jalan tol.

Kartu E-Toll

1. Hanya Menyiapkan Satu Kartu

Transaksi non tunai di jalan tol tentu lebih praktis karena para pengguna jalan tol tinggal menyediakan satu kartu untuk masuk jalan tol dan membayar biaya penggunaan jalan tol. Dengan cara tersebut, Anda tak perlu menyiapkan uang pecahan untuk membayar tol ataupun menyisihkan uang khusus.

2. Proses Tapping E-Card yang Cepat

Sistem e-Toll tergolong mudah karena proses tapping e-card yang cepat, tanpa ribet. Prosesnya mudah dan tak perlu waktu lama. Saat memasuki gerbang tol otomatis, Anda bisa tapping kartu dengan mudah dan melakukan perjalanan di jalan tol sampai ke pintu keluar.
Di pintu keluar tol, Anda menyerahkan e-card kepada petugas untuk membayar pengunaan jalan tol dengan sistem e-money. Petugas akan melakukan tapping kartu untuk pembayaran non tunai. Secara otomatis, saldo akan terpotong sesuai biaya penggunaan jalan tol. Proses ini lebih cepat daripada menggunakan uang tunai.

3. Tanpa Uang Kembalian

Pembayaran non tunai dengan e-card sangat bernilai praktis. Mengapa? Anda bisa bertransaksi dengan nominal yang pas dari pemotongan saldo dalam e-card. Pasti hal tersebut tidak membutuhkan uang kembalian dan Anda tak perlu kerepotan untuk menyimpan uang kembalian tersebut. Kesalahan uang kembalian juga bisa dihindari.

4. Terbebas dari Uang Palsu

Uang palsu tentunya sangat merugikan. E-money bisa menghindarkan Anda dari kemungkinan transaksi uang palsu. Apabila membayar menggunakan e-card, nominal yang harus dibayarkan dipotongkan dari saldonya. Petugas juga tidak perlu memberikan uang kembalian, karena nominal pemotongan saldo pasti pas.

Dengan sistem tanpa transaksi tunai tersebut, peredaran uang palsu dapat diminimalisir. Anda dapat terhindar dari kemungkinan membayar dengan uang palsu ataupun menerima uang kembalian berupa uang palsu.

5. Fungsi Kartu yang Multifungsi

Apakah Anda tahu bahwa transaksi di gerbang tol otomatis (GTO) bisa menggunakan kartu lain selain e-Toll card? Sistem pembayaran e-money ini menyediakan beragam nilai praktis. salah satunya adalah kartu yang multifungsi. Selain menggunakan e-Toll card, Anda bisa menggunakan Indomart Card ataupun Gaz Card.

Kedua kartu lain tersebut punya nilai multifungsi. Bagaimana tidak, Anda bisa berbelanja sekaligus membayar penggunaan jalan tol dengan satu kartu, yaitu Indomart Card. Pilihan selanjutnya adalah menggunakan Gaz Card dengan fungsi dapat mengisi BBM dan membayar penggunaan jalan tol secara non tunai.

Bagaimana? Praktis, bukan? Cukup dengan satu kartu, Anda sudah bisa membayar penggunaan jalan tol. Dengan sistem non tunai di GTO ini, Anda tidak perlu kerepotan untuk menyiapkan uang tunai untuk membayar ataupun menyimpan uang kembalian dari transaksi pembayaran. Kini, sudah tersedia e-card dengan penerbit bank pemerintah dan swasta.

0 Response to "Penting! Ketahuilah 5 Sisi Praktis Gunakan E-Toll di GTO"

Post a Comment