Mau Nikah dengan Budget Minim? Lakukan 6 Hal Ini

Seperti yang dikatakan pujangga, “tidak boleh menunda sesuatu yang baik”. Bagaimana dengan nikah? Ya, nikah ialah sesuatu yang baik dan semestinya harus direalisasikan dengan segera. Apakah itu bisa dilakukan dengan budget terbatas? Bisa! Cukup dengan menyediakan budget pernikahan 15 juta saja atau bahkan kurang dari itu, Anda bisa merealisasikan niat baik tersebut. Bagaimana caranya?

Nikah dengan Budget Minim Lakukan 6 Hal Ini

1. Minimalisir Biaya Undangan

Salah satu biaya nikah yang paling menguras yaitu biaya undangan. Pernahkah Anda berpikir bahwa undangan hanya akan berakhir dan terbuang begitu saja? Ya! Itulah mengapa Anda harus mencari alternatif lain agar lebih efisien. Undangan online? Why not? Anda bisa meminta bantuan anggota keluarga atau sahabat untuk mengirim undangan melalui email, Whatsapp, Facebook, dan sejenisnya.

Undangan tersebut sebaiknya jangan hanya berbentuk tulisan saja, tapi semacam dekorasi ilustrasi gambar pernikahan yang di dalamnya terdapat detail mengenai pernikahan Anda. Namun, undangan online sebaiknya hanya ditujukan kepada teman atau kerabat dekat saja, sementara untuk orang-orang yang dituakan, sebaiknya tetap menggunakan undangan cetak.

2. Cari Kenalan yang Bisa Membantu Tata Rias dan Fotografi

Tidak ada salahnya Anda meminta bantuan teman atau sahabat yang pandai tata rias dan fotografi untuk membantu mensukseskan acara pernikahan Anda. Tentu saja, dengan budget pernikahan 15 juta, Anda mesti pandai-pandai dalam mengatur keuangan. Beda halnya jika Anda berencana ingin menambah budget dua kali lipat. Apa bisa? Bisa saja sih, seperti mengajukan KTA tunaiku dan Anda bisa mendapat pinjaman maksimal 15 juta.

3. Minimalisir Biaya Souvenir

Jika tidak pandai-pandai, budget Anda bisa terkuras banyak untuk biaya souvenir. Ya, pada dasarnya, souvenir berfungsi sebagai kenang-kenangan atau memberi suatu kesan yang tak terlupakan. Oleh karena itu, Anda harus bisa memberikan souvenir yang memiliki makna dan tidak harus mahal, Anda bisa menyediakan DIY clutch untuk make up atau uang receh.

4. Selektif dalam Memilih Tamu Undangan

Tidak mesti harus mengundang hingga seribu orang dalam pernikahan Anda, kan? Ya, Anda harus lebih selektif dalam memilih tamu undangan, rencanakan dengan baik. Pilih yang prioritas sekian persen, kemudian yang bersifat additional sekian persen. Dengan begitu, Anda pun juga bisa menyesuaikan hal lainnya dengan lebih efisien, seperti persiapan hidangan yang lebih sedikit, tenda yang lebih kecil, dan sebagainya.

5. Perhatikan Pemilihan Hidangan atau Konsumsi

Dari sekian banyak pengeluaran untuk pernikahan, mungkin biaya konsumsi atau hidangan ini salah satu yang paling besar. Ya, Anda bisa mensiasati biaya ini. Bagaimana caranya? Anda bisa memasak atau menyediakan hidangan sendiri, pastinya dengan bantuan keluarga besar. Tentu ini lebih hemat jika memesan makanan.

6. Pemilihan Lokasi dan Content pada Pesta Pernikahan

Ini juga, apakah harus selalu menyewa gedung yang cenderung membebankan biaya mahal? Tidak! Anda bisa membuat pesta menjadi lebih sederhana namun berkesan, seperti menyewa sebuah tenda kemudian dilengkapi dengan dekorasi yang enak dilihat dan pastinya juga dilengkapi dengan pemain musik. Untuk pemain musik, jangan pilih yang terkenal, pilih yang permainannya bagus meskipun tidak terkenal.

Ingat, pada dasarnya, nikah itu tidak bersifat mempersulit. Jangan pusingkan perkataan orang lain, lakukan saja apa yang Anda mampu selagi itu tidak melanggar aturan dan norma. Bagi Anda yang belum punya budget sama sekali atau masih sangat minim, jangan khawatir, Anda bisa mengajukan KTA tunaiku untuk mendapatkan pinjaman maksimal 15 juta. Syaratnya terbilang mudah. Tidak ada salahnya mencoba untuk merealisasikan niat baik.

0 Response to "Mau Nikah dengan Budget Minim? Lakukan 6 Hal Ini"

Post a Comment