Mau Berinvestasi? Pastikan Anda Melakukan Beberapa Hal Berikut Ini Terlebih Dahulu

Dalam mengelola uang secara bijak, maka Anda sebaiknya tidak menghabiskan semua uang yang Anda miliki begitu saja melainkan mengalokasikan dana yang Anda miliki untuk berbagai hal lainnya. Anda dapat menabung uang yang Anda miliki atau menginvestasikan dana yang Anda miliki untuk masa depan. Karena, berinvestasi bisa menguntungkan Anda dengan menghasilkan passive income untuk masa depan tanpa harus mengelola uang tersebut secara rutin. Meskipun menguntungkan, pastikan Anda melakukan beberapa hal berikut terlebih dahulu sebelum mulai berinvestasi :


Pastikan Investasi tidak mengganggu keuangan Anda

Investasi memang menguntungkan, namun jangan sampai Anda terlalu nyaman berinvestasi hingga lupa mengatur kondisi keuangan pribadi. Karena, untuk menjalani kehidupan sehari-hari Anda tentu membutuhkan uang untuk konsumsi atau untuk keperluan yang mendesak. Agar lebih teratur, Anda dapat mengatur anggaran untuk konsumsi, uang cadangan serta investasi setiap bulannya sehingga kondisi keuangan dapat terjaga dan Anda juga tetap bisa berinvestasi.

Pastikan tempat investasi tersebut terdaftar dan diawasi lembaga resmi

Selain memperhatikan kondisi keuangan, sebelum berinvestasi sebaiknya Anda juga mencari tempat untuk berinvestasi yang tepat dan aman. Untuk memudahkan, Anda dapat memilih tempat investasi yang telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Karena, investasi yang telah terdaftar, akan senantiasa diawasi proses bisnisnya sehingga dapat meminimalisir risiko penipuan atau penyalahgunaan dana. Salah satu tempat investasi yang telah terdaftar dan diawasi OJK adalah MEKAR yang bisa memberikan Anda keuntungan pasti hingga 12% setiap tahunnya.

Jangan tergiur dengan imbal hasil tinggi

Saat mencari berbagai peluang investasi, imbal hasil menjadi faktor utama yang diperhitungkan oleh sebagian besar calon investor. Meski imbal hasil yang tinggi menggiurkan, namun jangan langsung percaya begitu saja karena dibalik imbal hasil yang tinggi terdapat risiko yang tinggi pula. Karena, di dalam dunia investasi terdapat hukum high risk high return yang berarti semakin besar imbal hasil yang akan Anda dapatkan maka akan semakin besar pula risiko dari investasi tersebut. Jadi, bijaklah dalam memilih investasi dan jangan langsung tergiur dengan imbal hasil tinggi yang ditawarkan oleh suatu skema investasi.

0 Response to "Mau Berinvestasi? Pastikan Anda Melakukan Beberapa Hal Berikut Ini Terlebih Dahulu"

Post a Comment