3 Jenis Gangguan Pendengaran pada Manusia dan Penyebabnya

Gangguan pendengaran adalah masalah yang cukup serius. Ada 3 jenis gangguan pendengaran yakni karena sensorineural, konduktif dan kombinasi keduanya. Ada beberapa penyebab mengapa manusia mengalami kurang pendengaran sebelah apalagi sampai kedua telinganya tidak bisa mendengarkan. Apa sajakah penyebab manusia menjadi terganggu pendengarannya?

3 Jenis Gangguan Pendengaran pada Manusia

Penyebab Gangguan Pendengaran Manusia

1. Gangguan pendengaran sensorineural
Gangguan pendengaran sensorineural adalah jenis gangguan pendengaran yang paling umum. Gangguan pendengaran sensorineural adalah kehilangan secara permanen yang disebabkan oleh kerusakan pada saraf pendengaran atau silia. Silia adalah sel kecil seperti rambut di telinga bagian dalam Anda. Penyakit meniere juga dapat menyebabkan gangguan pendengaran sensorineural.

2. Gangguan pendengaran konduktif
Gangguan pendengaran konduktif adalah jenis gangguan pendengaran yang kurang umum dibandingkan dengan sensorineural. Gangguan pendengaran konduktif disebabkan oleh penyumbatan atau kerusakan pada telinga luar atau tengah Anda yang menghalangi suara untuk dibawa ke telinga dalam Anda.

Dengan gangguan pendengaran konduktif, telinga bagian dalam dan saraf pendengaran Anda tidak rusak. Hal ini tergantung pada penyebabnya, gangguan pendengaran konduktif dapat bersifat sementara atau permanen. Penyebabnya bisa berawal dari impaksi lilin hingga putusnya hubungan antara tulang-tulang telinga tengah.

3. Gangguan pendengaran campuran
Kadang-kadang gangguan pendengaran dapat merupakan hasil dari kombinasi gangguan pendengaran sensorineural dan konduktif. Sebagai contoh, gangguan pendengaran sensorineural Anda mungkin rumit dikarenakan impaksi lilin, maka hal ini disebut dengan gangguan pendengaran campuran.

Penyebab Terjadinya Gangguan Pendengaran Manusia

Gangguan pendengaran memiliki banyak penyebab dan faktor yang berbeda. Beberapa penyebab gangguan pendengaran sayangnya tidak dapat manusia hindari, seperti gangguan pendengaran terkait usia dan paparan yang berlebih terhadap suara keras.

Memahami apa yang menyebabkan pendengaran Anda berubah dapat membantu Anda memutuskan apa yang akan Anda lakukan selanjutnya dan apakah alat bantu dengar adalah pilihan yang ingin Anda pertimbangkan. Berikut ini adalah kemungkinan penyebab gangguan pendengaran :

  • Penuaan
  • Paparan terhadap suara keras
  • Genetika
  • Obat
  • Neuroma akustik
  • Kotoran telinga
  • Infeksi
  • Trauma kepala
  • Mendengarkan musik yang keras
  • Merokok, alkohol, dan kelebihan berat badan

Perubahan pendengaran Anda bisa menjadi proses bertahap atau bisa juga perubahan mendadak. Mengidentifikasi gangguan pendengaran tidak selalu mudah dan jika Anda mengalami gangguan pendengaran secara permanen, alat bantu dengar Bandung bisa menjadi alternatif Anda untuk tetap bisa mendengarkan.

0 Response to "3 Jenis Gangguan Pendengaran pada Manusia dan Penyebabnya"

Post a Comment