Mengulas Tentang Dokter Spesialis Radiologi dan Berbagai Wewenangnya

Dokter radiologi merupakan seorang dokter spesialis yang memiliki tugas melakukan pemeriksaan radiologi untuk membantu menegakkan diagnosis serta mengobati penyakit, melakukan pendeteksian secara lebih mendalam pada sebuah penyakit dengan menggunakan metode pencitraan, yang biasanya lebih dikenal dengan berbagai alat modern seperti CT Scan, Rontgen, USG, MRI, USG dan bahkan metode kedokteran nuklir. Untuk mendapatkan gelar spesialis radiologi ini, seorang dokter umum harus mendalami kembali keilmuan khusus radiologi tersebut dalam kurun waktu 7 semester atau kurang lebih selama 3,5 tahun. Setelah ilmu kespesialisan tersebut di dapatkan seorang dokter umum, maka gelar Sp.Rad dapat diselipkan dibelakang nama mereka.

Dokter Spesialis Radiologi

Seorang dokter spesialis bidang radiologi memiliki peranan penting dalam menegakkan diagnosis terhadap suatu penyakit yang dikeluhkan oleh seorang pasien. Secara umum dokter radiologi akan melakukan berbagai tindakan medis dengan menggunakan alat khusus sesuai dengan indikasi dan rujukan dari dokter spesialis lainnya. Oleh karena itu dokter radiologi selalu memiliki keterkaitan dengan berbagai bidang kespesialisan kesehatan lainnya seperti ortopedi, penyakit dalam, THT, Neurologi, mata, forensik dan spesialis lainnya yang terutama berhubungan dengan tindakan bedah untuk pasien.

Secara umum, seorang dokter radiologi akan memiliki tugas pokok terkait dengan rujukan dokter spesialis lainnya. Berikut ini tugas pokok seorang dokter spesialis radiologi, yang diantaranya adalah:

Menentukan alat yang akan digunakan untuk memeriksa pasien, berdasarkan hasil rujukan dan diagnosis dari dokter spesialis lainnya.
Melakukan pemeriksaan dengan menggunakan alat radiologi yang telah ditentukan sebelumnya, dengan pendampingan radiographer dan atau teknisi radiologi.
Melakukan analisa dari hasil pemeriksaan yang telah dilakukan, serat mengevaluasi kembali hasil pemeriksaan tersebut.
Membacakan hasil dari pemeriksaan yang telah dianalisis dan dievaluasi sebelumnya.
Menentukan diagnosis dari hasil pemeriksaan dan memberikan saran serta rujukan bagi pasien untuk mendapatkan pengobatan yang tepat sesuai dengan hasil yang didapatkan tersebut.

Pada dasarnya pemeriksaan radiologi yang dilakukan seorang dokter radiologi terkait erat dengan berbagai organ dalam pada tubuh pasiennya. Berikut ini beberapa kelainan dan penyakit yang memang dapat dilakukan pemeriksaan radiologi oleh seorang dokter radiologi, diantaranya adalah:

Kelainan atau penyakit yang terkait dengan paru-paru.
Kelainan atau penyakit yang terjadi pada saluran cerna.
Kelainan atau penyakit yang terjadi pada saluran kemih.
Kelainan atau penyakit yang terjadi pada jantung dan pembuluh darah.
Kelainan atau penyakit yang terjadi pada saraf dan otak manusia.
Kelainan atau penyakit yang terjadi pada saluran dan alat reproduksi manusia.
Kelainan yang terjadi pada sistem musculoskeletal, seperti patah tulang, pergeseran sendi dan kelainan lainnya.

Selain kelainan dan penyakit seperti tersebut diatas, tumor dan kanker merupakan jenis penyakit lain yang biasanya banyak dilakukan pemeriksaan dengan sistem radiologi. Selain pemeriksaan awal, untuk melakukan pendeteksian, pengobatan lanjutan dari tumor dan kanker dengan stadium yang tinggi, juga akan menggunakan metode pencitraan yang pada umumnya terdapat pada bagian radiologi.

Seseorang dengan berbagai keluhan kesehatan terutama pada bagian organ dalam mereka, akan disarankan untuk menemui dokter radiologi. Namun demikian biasanya dokter spesialis radiologi akan melaksanakan tugas mereka setelah mendapatkan rujukan dari dokter umum dan dokter spesialis yang terlebih dahulu menangani dan melakukan diagnosis dari keluhan kesehatan yang dimiliki pasien. Oleh karenanya jika memang dalam diri kita merasakan keluhan kesehatan, segeralah kunjungi dokter dan lakukan pemeriksaan secara lebih mendalam, untuk mencegah keluhan menjadi lebih parah.

0 Response to "Mengulas Tentang Dokter Spesialis Radiologi dan Berbagai Wewenangnya"

Post a Comment