7WxW0BwfuKmx1EPBJmqUIT8xLtYZA4d5uEbC5S5P

Rekomendasi Susu Formula Untuk Bayi Yang Baru Lahir

Sebagaimana yang diketahui bersama bahwa ASI merupakan sumber makanan utama bagi bayi usia 0-6 bulan. Sehingga pemberian ASI eksklusif ini wajib dilakukan pada bayi yang baru dilahirkan karena merupakan nutrisi terbaik yang memiliki kelebihan yang tidak bisa digantikan dengan apapun. Adapun kandungan nutrisi yang ada pada ASI eksklusif ini diantaranya adalah antibodi, anti-alergi, faktor pertumbuhan, enzim, dan hormon.

Susu Formula Untuk Bayi

Lalu bagaimana kalau sang ibu tidak bisa memberikan kebutuhan ASI dengan berbagai alasan medis? Misalnya, ASI tidak bisa keluar atau adanya suatu penyakit yang tidak memungkinkan untuk memberikan ASI pada bayi. Untuk mengatasi hal tersebut, anda bisa memberikan susu formula bayi sebagai pengganti ASI eksklusif.

Sekarang ini sudah banyak susu formula untuk bayi yang beredar di pasaran, sehingga bisa membuat anda merasa bingung dalam memilihnya.

Dalam memilih susu formula untuk bayi, maka sebaiknya anda tidak asal-asalan dalam memilihnya. Namun, pilihlah susu formula yang mengandung kandungan nutrisi yang baik untuk bayi anda. Adapun beberapa kandungan susu formula yang sangat bermanfaat untuk tumbuh kembang bayi adalah :

1. Zat Besi
Kandungan pertama yang dibutuhkan oleh bayi adalah zat besi. Dimana, zat besi ini sangat dibutuhkan oleh bayi /anak terutama yang sudah berusia lebih dari 6 tahun. Karena pada saat itu, cadangan zat bsi dalam tubuh bayi sudah mulai berkurang terutama pada bayi yang tidak diberikan ASI. Kandungan zat besi ini selain untuk menunjang pertumbuhan pada bayi, namun juga sangat berguna untuk mencegah anak dari anemia.

2. Probiotik dan Prebiotik
Pada beberapa produk susu formula memiliki kandungan probiotok dan prebiotik, yakni bakteri yang baik untuk usus anak/bayi. Selain itu, probiotik dan prebiotik ini juga bisa memberikan bakteri yang sama baiknya dengan bakteri yang ada pada bayi yang diberi ASI.

3. DHA dan ARA
Kandungan berikutnya yang dibutuhkan oleh bayi adalah DHA dan ARA. Kedianya merupakan asam lemak omega-3 yang juga bisa ditemukan dalam ASI dan makanan tertentu, seperti telur dan ikan. Bahkan ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa asam arakhidonat (ARA) dan dokosaheksanoat (DHA) dalam susu formula juga bisa membantu perkembangan otak dan penglihatan bayi/anak.

Rekomendasi Produk Susu Formula Bayi

* Enfamil A+
Enfamil A+ tahap 1 ini adalah susu formula untuk bayi yang baru lahir atau berumur 0-6 bulan. Susu formula ini memiliki kandungan nutrisi DHA 17 mg/100kkal dan ARA 34mg/100kkal yang telah teruji untuk mendukung perkembangan otak bayi. Selain itu, susu formula ini juga telah terbukti secara klinis bisa membantu mempertahankan konsentrasi lebih lama, mendukung memori dan kemampuan memecahkan masalah. Bukan hanya itu, Enfamil A+ ini juga dilengkapi dengan prebiotik GOS yang berfungsi untuk kesehatan pencernaan, serta nutrisi penting lainnya.

* Nestle Lactogen 1 Gold
Susu formula bayi ini memiliki nutrisi yang cukup lengkap, mulai dari probiotik, asam lemak esensial LA dan ALA, prebiotik FOS dan GOS, zat besi, serta 12 vitamin dan 11 mineral. Semua kandungan yang ada pada susu formula bayi ini sangat membantu untuk perkembangan bayi menjadi lebih sehat dan cerdas. Selain itu, Nestle Lactogen 1 Gold ini juga telah dinyatakan bebas Enterobacter sakazakii oleh BPOM pada tahun 2011 yang lalu, dengan demikian susu formula ini sangat aman untuk dikonsumsi oleh bayi anda.

Mungkin itu saja informasi kali ini, semoga ada guna dan manfaatnya khususnya bagi anda yang akan memilih susu formula untuk bayi.
Related Posts
Ayied Muhammad Riduan
Saya mengelola beberapa web/blog dengan berbagai niche yang terbuka untuk segala bentuk kerjasama. Silahkan hubungi saya di email ayiedmr@gmail.com atau WA 082154295557.
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment