7WxW0BwfuKmx1EPBJmqUIT8xLtYZA4d5uEbC5S5P

Orang Tua Dilarang Memanjakan Anak

Orang tua pasti ingin memberikan yang terbaik untuk anaknya. Namun bukan berarti harus memanjakannya terus menerus. sesekali memberikan mainan yang diinginkan anak memang boleh, tapi tidak harus dilakukan setiap minggu.

Banyak orang tua yang memanjakan anaknya, karena merasa bersalah. Misalnya orang tua harus bekerja terus menerus, sehingga balasannya dengan memanjakan anak. Padahal hal itu juga tidak baik untuk tumbuh kembang anak. Berikut ini cara mendidik anak yang tepat.

Orang Tua Dilarang Memanjakan Anak

Kecewa Merupakan Hal Wajar

Orang tua harus memahami bahwa kekecewaan merupakan hal wajar. misalnya orang tua berencana untuk liburan, namun karena suatu hal akhirnya berubah, orang tua bisa meminta maaf dan mencoba menjelaskannya. Katakan bahwa semua hal yang dia inginkan, tidak semua bisa didapatkan. Dibutuhkan usaha, sehingga dia bisa mengambil hikmah dari itu. Tapi pastikan jangan ingkar janji terus menerus, karena bisa pengaruh pada kepercayaan anak.

Patuh Dengan Peraturan

Jika orang tua sudah membuat peraturan dengan anak, pastikan untuk selalu patuh dengan aturan tersebut. jangan meremehkannya, karena akan direkam oleh anak. Aturan dibuat untuk mendisplinkan anak. Anda juga bisa meminta tolong ke kakek nenek, om, tante dan keluarga lainnya untuk mematahui hal tersebut. sehingga dia tidak akan berlindung ke orang lain, saat melakukan kesalahan. Selain itu anak juga akan selalu patuh dengan peraturan yang dibuat orang tuanya.

Atasi Tangisan Atau Rengekan

Tangisan atau rengekan sering menjadi senjata anak-anak. Anda harus bisa mengatasi hal tersebut, supaya tidak dijadikan kebiasaan. Orang tua harus bisa membedakan mana permintaan yang masuk akal dan tidak masuk akal. Saat anak menangis atau merengek meminta sesuatu, jangan terpancing untuk langsung mewujudkannya atau merasa bersalah. Sehingga dia tahu bahwa tangisannya, tidak bisa membuat dia mendapatkan apa yang diinginkan.

Sejak dini ajarkan anak untuk berusaha mendapatkan apa yang diinginkannya. Jangan langsung memenuhi semua permintaannya dan memanjakan anak terus menerus. sehingga anak bisa tumbuh menjadi pribadi yang mandiri dan tahu apa yang dia lakukan.
Related Posts
Ayied Muhammad Riduan
Saya mengelola beberapa web/blog dengan berbagai niche yang terbuka untuk segala bentuk kerjasama. Silahkan hubungi saya di email [email protected] atau WA 082154295557.
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment