7WxW0BwfuKmx1EPBJmqUIT8xLtYZA4d5uEbC5S5P

Tanya Dokter Balita Tentang Langkah Mengobati Diare Pada Bayi Secara Alami

Diare termasuk salah satu jenis penyakit yang rentan menjangkiti siapa saja, khususnya adalah anak-anak dan juga byti. Bahkan ia merupakan jenis penyakit yang banyak menyebabkan kematian bayi berusia 29 hari hingga 11 bulan di Indonesia, sehingga bukan hal yang patut untuk diremehkan, kenali gejala diare pada bayi ini agar bisa segera melakukan langkah pertolongan terbaik untuk mengobatinya. Anda juga bisa konsultasi atau tanya dokter balita terkait dengan kondisi tersebut, agar pengobatan lebih optimal.

Langkah Mengobati Diare Pada Bayi Secara Alami

Penyakit diare yang dialami oleh bayi ini bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor, mulai diantaranya adalah infeksi karena parasit, bakteri maupun virus. Hingga dipicu oleh keracunan makanan. Apalagi ada dasarnya usia bayi ini kekebalan tubuhnya tidak sekuat orang dewasa, ditambah lagi tubuh belum bisa mencerna semua produk makanan, sehingga harus berhati-hati di dalam memilihkan jenis makanan yang aman dikonsumsi oleh buah hati Anda. Deteksi dini nyatanya sangatlah penting untuk mengetahuinya agar bisa segera dilakukan pengobatan.

Adapun beberapa gejala diare yang dialami oleh bayi ini mulai dari buang air besar secara terus menerus dengan tinja yang cair, kemudian sering kali disertai dengan muntah-muntah, hingga badan lemas. Berikut ini diantaranya langkah pengobatan alami dan pastinya juga aman untuk buah hati Anda yang mengalami diare, yaitu:

1. Pisang, berilah mereka pisang, khususnya adalah untuk bayi yang sudah diperbolehkan mengonsumsi makanan padat. Karena buah-buahan yang satu ini kaya akan kandungan potassium, juga senyawa-senyawa bermanfaat lainnya seperti kalium, zat besi, magnesium, vitamin A dan tentunya masih banyak lagi yang lainnya. Kalium yang ada dalam pisang ini juga sangatlah efektif di dalam mengobati masalah pencernaan seperti diare.
2. Jahe, rimpang yang satu ini kaya akan berbagai macam manfaat, termasuk diantaranya adalah untuk mengobati masalah yang terjadi pada sistem pencernaan buah hati. Apalagi dengan sifat anti radang yang ada didalamnya. Cara membuatnya juga mudah sekali, cukup dengan menambahkan air perasan atau sari jahe ini dengan madu, kemudian juga air hangat dan diberikan kepada buah hati.
3. Air kelapa, saat mengalami diare maka banyak cairan tubuh yang akan keluar, hal ini menjadi penyebab mereka rentan terkena dehidrasi. Untuk itu harus mengonsumsi banyak cairan, termasuk yang sangat baik adalah air kelapa, apalagi sifatnya yang juga dapat menghilangkan racun di dalam tubuh. Kandungan kalium yang ada di dalam air kelapa ini juga bagus untuk menangani diare.
4. Jus wortel, sayuran berwarna orange yang satu ini kaya akan kandungan vitamin dan juga mineral, nyatanya ia sangat bagus di dalam mengembalikan fungsi usus yang sempat terganggu karena diare. Guna mendapatkan manfaat pengobatan yang maksimal dalam menangani diare ini, sebaiknya jangan menambahkan gula kedalam jus wortel tersebut.
5. Lemon, senyawa yang ada di dalam jeruk lemon memiliki sifat antiinflamasi dan juga antibakteri. Jadi dapat digunakan sebagai obat untuk mengatasi penyakit diare juga. Buah tersebut juga dapat menyeimbangkan kembali pH yang ada di dalam tubuh.

Jika seandainya diare masih saja berlanjut, maka sebaiknya bawalah buah hati Anda untuk berobat ke dokter untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Informasi lebih banyak lagi terkait dengan kesehatan buah hati Anda maka bisa konsultasi atau tanya dokter balita. Sekarang lebih mudah dilakukan dengan mengandalkan aplikasi Halodoc.
Related Posts
Ayied Muhammad Riduan
Saya mengelola beberapa web/blog dengan berbagai niche yang terbuka untuk segala bentuk kerjasama. Silahkan hubungi saya di email ayiedmr@gmail.com atau WA 082154295557.
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment