7WxW0BwfuKmx1EPBJmqUIT8xLtYZA4d5uEbC5S5P

Apa yang Harus Dilakukan Saat Memiliki Gejala Virus Corona?

Gejala Virus Corona

Virus corona merupakan suatu pandemi yang tidak boleh dianggap sepele. Dampak yang ditimbulkan oleh virus ini sangat berbahaya bagi tubuh manusia yakni bisa menyebabkan kematian. Lalu tindakan apa yang bisa dilakukan saat tubuh kita mengalami gejala covid-19? Apa yang harus kita lakukan supaya tidak semakin parah dan tidak membahayakan kesehatan tubuh. Banyak orang yang sudah paham dan mengerti bahwasanya sampai dengan saat ini memang belum ada sama sekali vaksin yang bisa dipercaya untuk bisa menghadapi pandemi corona. Maka dari itu ada berbagai macam kegiatan yang bisa dilakukan supaya tidak mudah tertular penyakit tersebut.

Beberapa tindakan yang bisa dilakukan supaya tidak tertular virus corona adalah dengan melakukan social distancing seperti yang menjadi himbauan pemerintah Indonesia selama ini. Tidak hanya bisa dilakukan dengan cara melakukan social distancing tetapi bisa juga diimbangi dengan beberapa kegiatan seperti rajin melakukan cuci tangan dan menggunakan sabun. Tidak hanya itu saja Anda juga sangat dituntut untuk menerapkan hidup sehat dalam keseharian. Bukan tanpa alasan karena hal ini adalah merupakan salah satu langkah yang dianggap paling efektif untuk mencegah penyebaran covid-19.

Sampai dengan saat ini jumlah pasien yang positif covid-19 sudah mencapai angka yang cukup mengkhawatirkan yakni lebih dari 3.000 jiwa. Maka dari itu dengan adanya kenaikan yang cukup signifikan tersebut Anda harus benar-benar memastikan bahwa diri Anda tetap aman dan tidak akan tertular oleh virus tersebut. Tidak hanya Anda saja akan tetapi Anda juga harus bisa memastikan bahwa orang yang ada disekitar Anda juga aman dari infeksi corona. Mengingat bahwa penyebaran penyakit ini memang begitu sangat cepat dan bahkan susah untuk dikendalikan. Berikut ini adalah beberapa tindakan yang bisa dilakukan apabila Anda mendapati ciri telah terinfeksi covid -19, antara lain:

1. Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan tetap berada di rumah dan lakukan isolasi diri secara mandiri. Usahakan untuk tetap berada di dalam rumah saat kondisi badan sedang tidak fit supaya tidak menulari orang lain. Sebisa mungkin apabila memang harus keluar dari rumah usahakan untuk menggunakan masker dan terapkan etika batuk atau bersin yang baik dan benar.

2. Selanjutnya apabila kondisi Anda sudah tidak memungkinkan Anda bisa menghubungi hotline Kemenkes pada nomor 0215210411 atau 081212123119 atau bisa juga menghubungi 119. Apabila Anda sudah menghubungi pihak Kemenkes Anda bisa menceritakan secara keseluruhan bagaimana kondisi yang sebenarnya Anda rasakan. Catatan lengkap mulai dari kondisi fisik sampai dengan riwayat perjalanan Anda. Setelah itu pihak yang berwenang akan mengarahkan Anda ke beberapa rumah sakit yang menjadi rumah sakit rujukan sehingga bisa segera langsung mendapatkan tindakan yang tepat.

Sesuai dari arahan WHO yang menjelaskan bahwa apabila Anda mengalami gejala virus corona seperti demam, batuk atau pilek, serta sakit tenggorokan segera lakukan pemeriksaan pada pihak dinas kesehatan sehingga bisa mendapatkan penanganan yang tepat dan gejala tersebut bisa segera hilang dan gejala tidak menjadi semakin buruk. Akan tetapi bagi Anda yang memang memiliki resiko terpapar covid-19 seperti contohnya pernah melakukan perjalanan ke daerah yang sudah positif terpapar covid -19 meskipun tidak memiliki gejala apapun Anda harus melakukan isolasi mandiri sehingga tetap aman dan tercegah dari virus ini.
Related Posts
Ayied Muhammad Riduan
Saya mengelola beberapa web/blog dengan berbagai niche yang terbuka untuk segala bentuk kerjasama. Silahkan hubungi saya di email [email protected] atau WA 082154295557.
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment