7WxW0BwfuKmx1EPBJmqUIT8xLtYZA4d5uEbC5S5P

Inilah Fakta-Fakta Mengenai Virus Corona yang Harus Anda ketahui

Seperti yang kita ketahui, positif virus corona atau COVID-19  di dunia semakin hari selalu saja bertambah. Sifat penularannya yang global dan masif membuat para Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO harus melabeli penyakit satu ini yang disebabkan oleh virus corona sebagai pandemi.

Namun, sangat diharapkan bagi seluruh masyarakat agar tidak menjadi khawatir, panik, cemas, ataupun takut. Masyarakat selalu diminta untuk bijak dalam mengkonsumsi berbagai informasi mengenai virus yang sedang menyebar ini yakni virus corona agar dapat meredam perasaan tidak nyaman akibat situasi yang sedang terjadi saat ini.

Fakta Virus Corona

Sebab, tidak bisa dimungkiri, bahwa banyak pemberitaan yang terkait dengan COVID-19 mengalir semakin deras karena menjadi perhatian bagi seluruh lapisan masyarakat dimanapun ia berada. Rasa ingin tahu yang besar dari masyarakat mengenai virus corona ini juga masih sangat tinggi. Tidak heran lagi, tentunya berbagai informasi yang muncul, bisa dilahap. Nah, berikut ini kami sudah rangkum fakta-fakta mengenai virus corona.

1. Menyebar ke Negara Lain
Virus yang satu ini bisa menyebabkan suatu penyakit yang disebut pneumonia, nah virus ini pertama kali hadir di kota Wuhan, Tiongkok. Pemerintah di Tiongkok mengatakan bahwa virus corona ini bersumber dari hewan liar yang sering diperjual belikan di pasar seafood Huanan.

Sejak saat itu, para turis yang sudah terinfeksi virus corona dari Wuhan telah mengedarkan atau menularkan virus tersebut ke negara-negara lainnya. Sampai sekarang ini pun, virus corona sudah banyak sekali menyebar ke negara lain. Seperti, Jepang, Thailand, Taiwan, Korea Selatan, Vietnam, Singapura, dan Amerika Serikat.

2. Diduga dari hewan kelelawar
Menurut ahli berpendapat bahwa virus corona merupakan salah satu virus yang sudah beredar pada beberapa hewan, termasuk hewan kucing, unta, dan kelelawar.

Perlu diketahui juga bahwa sebenarnya virus corona ini sangat jarang sekali menginfeksi dan berevolusi terhadap manusia dan dapat menyebar pada individu-individu lainnya. tetapi, kasus yang ada di Tiongkok menjadi salah satu bukti bahwa nyata kalau virus corona ini bisa saja menyebar dari hewan ke manusia.

3. Satu famili dengan MERS dan SARS
Menurut para ahli di WHO, virus corona ini merupakan keluarga besar virus yang bisa menyebabkan penyakit flu, sampai penyakit yang lebih parah lagi. Seperti, MERS dan SARS.


4. Misterius, belum ada vaksinnya
Virus yang bisa menimbulkan penyakit pneumonia di Wuhan, Tiongkok ini terbilang sangat misterius. Para ahli kesehatan sudah menandai sebagai virus corona jenis baru. Virus corona ini bisa menyerang saluran pernapasan dan disebut sebagai 2019-nCoV atau novel coronavirus.

5. Dari demam sampai nyeri dada
Virus corona ini dapat menimbulkan berbagai macam keluhan pada penderitanya. Seperti dari batuk, demam, sulit bernapas, sakit kepala, dan sakit tenggorokan. Virus yang dapat menginfeksi saluran pernapasan atas ini juga ternyata dapat menyebabkan gejala yang sangat parah. Infeksi yang dihasilkan dari virus yang satu ini dapat berubah menjadi pneumonia dengan berbagai macam gejala.

Contoh gejala virus corona ini adalah sesak nafas, nyeri dada, demam yang tinggi, hingga batuk dengan lendir. Gejala-gejala tersebut bisa menjadi sangat parah jika terjadi pada penderita penyakit paru-paru atau penyakit jantung, orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah, lansia dan bayi.

6. Risikonya bisa diminimalisir
Meski saat ini masih belum ada vaksin yang dapat mencegah infeksi virus corona, tetapi setidaknya masih ada beberapa cara yang dapat dilakukan agar bisa mengurangi risiko tertularnya virus corona ini.

Nah, yang bisa dilakukan untuk mengurangi tertularnya virus ini adalah, sering-seringlah mencuci tangan, hindari menyentuh wajah saat tangan dalam keadaan kotor, hindari berdekatan atau kontak langsung dengan orang sakit, pastikan permukaan benda yang sering digunakan selalu bersih, tutup hidung dan mulut saat batuk atau bersin menggunakan tisu, jangan berkeliaran atau keluar rumah dalam keadaan sakit dan jika keluar rumah gunakan masker dan sarung tangan.

Nah, itulah fakta-fakta mengenai virus corona yang harus Anda ketahui. Selalu bijaklah dan taati peraturan dari pemerintah.
Related Posts
Ayied Muhammad Riduan
Saya mengelola beberapa website/blog dengan berbagai niche yang terbuka untuk segala bentuk kerjasama. Kunjungi 𝗦𝗮𝘁𝘂𝗶𝗗𝗶𝗴𝗶𝘁𝗮𝗹.𝗶𝗱 atau di No Telepon/WA 𝟬𝟴𝟮𝟭𝟱𝟰𝟮𝟵𝟱𝟱𝟱𝟳 untuk detail informasi layanan jasa lainnya.
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment