7WxW0BwfuKmx1EPBJmqUIT8xLtYZA4d5uEbC5S5P

6 Objek Wisata Populer dan Wajib Dikunjungi di Wakatobi

Wisata Populer dan Wajib Dikunjungi di Wakatobi
Source: indonesia.travel

Wakatobi merupakan salah satu Taman Nasional Laut dengan keanekaragaman hayati tertinggi di Indonesia, bahkan hingga seantero dunia. Kekayaan tersebut tak terlepas dari letak Wakatobi yang berada di kawasan The Golden Triangle. Tak mengherankan, wisatawan yang kebanyakan penikmat wisata diving sengaja menyempatkan liburan ke destinasi wisata bahari ini.

Terletak di wilayah administratif Provinsi Sulawesi Tenggara, butuh usaha ekstra untuk menuju Wakatobi. Namun bukan berarti tak mungkin. Kini Anda dapat mengakses wilayah Pulau Wangi-wangi, Kaledupa, Tomia, dan Binongko (Wakatobi Islands) dengan menggunakan moda transportasi laut maupun udara, dari Makassar ke Kendari. Terdapat bandara dan pelabuhan di Wakatobi yang siap menyambut kedatangan Anda.

Setelah tiba di area Wakatobi Island, maka pastikan untuk mengunjungi destinasi-destinasi berikut ini. Objek wisata populer ini akan menjamin liburan terasa berkesan dan bikin betah berlama-lama di pulau yang jauh dari hiruk-pikuk perkotaan.

Pantai Pulau Hoga

Indonesia bagian timur memang terkenal dengan pantai-pantai tropis nan eksotis. Tak terkecuali, di kawasan Wakatobi. Salah satu pantai yang sayang jika dilewatkan adalah Pantai Pulau Hoga. Pantai ini memiliki pasir putih yang halus dan bersih.

Objek wisata ini berada tak jauh dari Pulau Kaledupa. Hanya dipisahkan oleh selat kecil dari Kaledupa, Pantai Pulau Hoga memiliki ombak yang relatif tenang. Sehingga, Anda dapat berenang dengan aman bersama keluarga tercinta. Sembari berenang, wisatawan pun dapat menikmati keindahan pesona alam yang begitu asri dan natural.

 

Sunrise & Dolphin Watching Wangi-Wangi

Spot wajib di Wakatobi ini memiliki kemiripan dengan Pantai Lovina, Bali. Ya, wisatawan berkesempatan untuk menyaksikan liukan gerombolan lumba-lumba di perairan Laut Banda. Untuk menuju ke spot “dolphin watching”, maka Anda harus ke Dermaga Mola untuk menaiki boat. Sekitar 40 menit perjalanan, tiba di Tanjung Kapota dan ratusan ekor lumba-lumba akan terlihat mempertontonkan atraksi melompat dan menari dengan bebas. Waktu terbaik untuk melakukan aktivitas ini adalah pagi hari. Dengan begitu, latar matahari terbit berwarna kuning keemasan akan semakin menambah keelokan lukisan alam.

 

Goa Kontamale

Objek wisata di Wakatobi Island tak melulu soal wisata bahari. Wisatawan pun dapat menikmati eksotisme wisata alam berupa gua-gua unik yang memiliki aliran air tanah. Di antara spot wisata alam tersebut adalah Goa Kontamale, Pulau Wangi-Wangi. Goa ini terlihat amat eksotis karena adanya genangan air jernih di bibir goa. Selain itu, stalaktit berbentuk unik dan aliran air jernih yang mengalir ke dalam goa turut memberikan pengalaman liburan yang pastinya berkesan di Wakatobi.

 

Danau Sombano

Selain goa dengan aliran air tanah, Wakatobi juga memiliki keunikan lain berupa danau air laut di tengah pulau. Mengapa terjadi demikian? Ternyata, bagian dasar Pulau Kaledupa memiliki rongga-rongga karang yang memungkinkan air dari laut mengalir masuk hingga ke bagian tengah pulau. Makanya, terciptalah danau-danau air laut seperti Danau Sombano.

Dikelilingi hutan mangrove yang lebat dengan tanaman endemik berupa anggrek dan pandan hutan, Danau Sombano adalah destinasi wisata alam yang tak boleh dilewatkan begitu saja. Air di danau ini pun terlihat jernih sehingga kerap menjadi lokasi spot foto instagramable. Kejernihan air dapat dibuktikan dengan terlihatnya udang merah dan alga hijau di dasar danau yang tampak dari atas permukaan.

 

Kampung Suku Bajo

Kampung Suku Bajo
Source: goodnewsfromindonesia.id

Penduduk Wakatobi terkenal sebagai manusia laut yang tergolong ke dalam kelompok etnis Suku Bajo. Bagi Anda yang tertarik dengan wisata budaya, Desa Mola di Pulau Wangi-Wangi patut masuk dalam itinerary kunjungan selama berada di Wakatobi. Di desa tersebut, Anda dapat mengenal lebih jauh budaya dan adat istiadat yang menjadi pedoman hidup Suku Bajo yang dulu terkenal sebagai gipsi laut nomaden. Agar dapat lebih mudah dalam memahami gaya hidup di Kampung Suku Bajo, tersedia pemandu lokal yang akan menuntun wisatawan pada saat berkunjung ke rumah terapung penduduk Bajo dan menjelaskan tentang cara hidup mereka.

 

Puncak Khayangan

Tak hanya wisata air berupa pantai, danau, dan kampung nelayan, Wakatobi memiliki daerah dataran tinggi yang layak menjadi spot yang harus dikunjungi. Jika Anda sudah puas menikmati keindahan bahari, maka datanglah ke Puncak Khayangan untuk menemukan bukit rumput yang membentang luas. Puncak tertinggi di Pulau Tomia ini memungkinkan wisatawan untuk menyaksikan keindahan tiada tara Wakatobi Island dari ketinggian.

Datanglah pada saat petang hari untuk menanti momen matahari terbenam. Dijamin sunset akan memberikan nuansa Puncak Khayangan menjadi lebih spesial. Jika ingin bermalam di puncak ini, pastikan untuk membawa alat kemah. Suasana malam hari pun tak kalah menakjubkan karena gemerlap bintang malam akan menjadi penerang alami untuk mengantar ke peraduan.

 

Sudah siap menjelajahi tempat wisata di Wakatobi Island? Beberapa rekomendasi destinasi wisata di atas bisa menjadi referensi Anda dalam membuat itinerary. Kunjungi Wonderful Indonesia untuk mendapatkan informasi mengenai Lombok dan juga wisata Indonesia lainnya!


Related Posts
Ayied Muhammad Riduan
Saya mengelola beberapa website/blog dengan berbagai niche yang terbuka untuk segala bentuk kerjasama. Kunjungi 𝗦𝗮𝘁𝘂𝗶𝗗𝗶𝗴𝗶𝘁𝗮𝗹.𝗶𝗱 atau di No Telepon/WA 𝟬𝟴𝟮𝟭𝟱𝟰𝟮𝟵𝟱𝟱𝟱𝟳 untuk detail informasi layanan jasa lainnya.
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment