7WxW0BwfuKmx1EPBJmqUIT8xLtYZA4d5uEbC5S5P

Apakah Semua Aset Bisa Dijaminkan Untuk Kredit Multiguna?

Kredit Multiguna

Kredit multiguna merupakan salah satu jenis pinjaman yang banyak digunakan di Indonesia. Ada banyak sekali perusahaan penyedia jasa pinjaman yang menyediakan layanan ini, salah satunya adalah perusahaan pembiayaan Dipo Star Finance. Kredit multiguna memang tergolong praktis dan juga cepat, sehingga sangat memudahkan bagi Anda yang membutuhkan dana cepat dengan menjaminkan aset tertentu.

Namun demikian, patut diperhatikan pula bahwa tak semua aset bisa dijadikan jaminan. Setiap lembaga keuangan punya masing-masing aturan terkait aset, namun yang pasti, aset tersebut haruslah memiliki nilai ekonomis, mudah dipindahtangankan, dan juga memiliki nilai yuridis. 

Untuk Anda yang tertarik untuk mengajukan kredit multiguna, berikut beberapa aset yang bisa dijadikan jaminan:

Properti

Properti merupakan jenis aset yang paling umum diajukan sebagai aset pinjaman. Untuk melancarkan prosesnya, pemilik properti diharuskan memiliki sertifikat resmi. Selain itu, properti yang bersangkutan wajib mempunyai hak guna usaha, hak milik, IMB, hingga hak pakai atas tanah negara. Jumlah plafon kredit yang ditawarkan cukup besar dan bervariasi, antara ratusan hingga miliaran rupiah.

Kendaraan bermotor

Selain properti, kendaraan bermotor seperti mobil menjadi jenis aset umum lainnya yang akan memudahkan Anda mengajukan kredit multiguna kepada perusahaan pembiayaan. Syaratnya, Anda harus menyertakan surat atau dokumen resmi seperti BPKB asli, STNK, serta kunci kendaraan. Jumlah plafon kreditnya memang tak akan sampai miliaran rupiah, tetapi tenornya lumayan panjang dari lima hingga sepuluh tahun.

Tanah

Merupakan aset dari benda tak bergerak, tanah adalah jenis aset menjanjikan lainnya yang dapat Anda gunakan untuk kredit multiguna. Apalagi tanah punya keunggulan dari segi harga yang cenderung mengalami kenaikan dari tahun ke tahun. Akan tetapi, Anda juga harus memastikan tanah tersebut sudah dilengkapi sertifikat hak milik yang dapat dipertanggungjawabkan. Dengan begitu, Anda pun akan terhindar dari sengketa.

Emas

Logam mulia seperti emas pun mempunyai nilai jual tinggi yang membuatnya tak kalah menjanjikan untuk dijadikan aset jaminan. Namun, Anda harus memastikan dulu lembaga yang bersangkutan bersedia menerima emas sebagai agunan. Dalam prosesnya, pencairan dana dengan emas relatif cepat selama Anda menyertakan dokumen-dokumen resmi. Jumlah uang yang diterima biasanya 85% dari nilai emas tersebut.

Deposito

Dibandingkan aset-aset sebelumnya, deposito memang belum terlalu populer dan baru ada segelintir lembaga keuangan yang menerimanya. Produk yang disimpan pun biasanya berupa bilyet deposito dalam bentuk sertifikat maupun yang berjangka. Lembaga keuangan juga akan memeriksa legalitas, keaslian, serta kebenarannya. Selama dijadikan jaminan aset, deposito tak bisa Anda pakai maupun tarik, berbeda dengan properti atau kendaraan yang masih berhak Anda gunakan.

Hewan ternak, saham dan surat berharga, mesin pabrik, hingga perusahaan adalah jenis aset lainnya yang dapat dijaminkan untuk mencairkan kredit multiguna. Supaya Anda bisa melunasi pinjaman tepat waktu, serahkan aset yang nilainya sesuai kredit yang akan diambil untuk memenuhi kebutuhan atau tujuan.

Related Posts
Ayied Muhammad Riduan
Saya mengelola beberapa website/blog dengan berbagai niche yang terbuka untuk segala bentuk kerjasama. Kunjungi 𝗦𝗮𝘁𝘂𝗶𝗗𝗶𝗴𝗶𝘁𝗮𝗹.𝗶𝗱 atau di No Telepon/WA 𝟬𝟴𝟮𝟭𝟱𝟰𝟮𝟵𝟱𝟱𝟱𝟳 untuk detail informasi layanan jasa lainnya.
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment