7WxW0BwfuKmx1EPBJmqUIT8xLtYZA4d5uEbC5S5P

Ganti Oli Secara Berkala Kalau Tak Mau Mobil Jadi Seperti Ini

Ganti Oli Secara Berkala

Mobil merupakan alat transportasi yang efektif dan efisien untuk sebuah keluarga besar beranggotakan lima orang atau lebih. Selain bisa mengangkut banyak penumpang sekaligus, kendaraan beroda empat ini juga bisa melindungi penumpang dari panas, hujan, sampai badai. Untuk itulah,  menjaga kendaraan agar tetap prima itu penting. Salah satu perawatan rutin yang perlu Anda lakukan adalah ganti oli mobil dengan Idemitsu. Ya, ganti oli secara rutin itu penting karena kualitas pelumas punya hubungan langsung dengan beragam komponen mesin sekaligus performa kendaraan. Jika tidak, kendaraan Anda akan seperti berikut:


1. Kondisi mesin penuh dengan kotoran

Ketika Anda membiarkan oli mobil tidak diganti untuk waktu yang sangat lama, Anda akan mendapati adanya berbagai kotoran seperti debu atau serpihan-serpihan kecil di dalam mesin mobil. Penumpukan kotoran seperti ini nantinya akan menimbulkan gesekan di sela-sela mesin, hingga menyebabkan gangguan pada kinerja mesin. Menyikapi hal ini, sudah sepatutnya Anda mengganti oli secara rutin.


2. Mesin menjadi lebih panas

Oli yang tidak diganti dengan rutin akan menurunkan viskositas atau kekentalan oli. Walhasil,  fungsi oli sebagai pelumas akan berkurang. Jika sudah demikian, Anda akan mendapati mesin kendaraan menjadi mudah panas. Kondisi semacam ini akan memicu terjadinya kerusakan mesin yang lebih parah jika tidak segera ditangani. Oleh sebab itu, mengganti oli secara berkala itu penting.


3. Penggunaan bahan bakar semakin boros

Ternyata, oli juga memiliki peran penting dalam menghemat bahan bakar. Ketika Anda malas untuk mengganti oli, maka gesekan pada mesin akan semakin besar hingga membuat konsumsi bahan bakar semakin banyak. Kondisi ini akan membuat Anda semakin sering untuk mengisi bahan bakar.


4. Komponen mesin kendaraan cepat rusak

Tidak dimungkiri lagi bahwasannya saat Anda tidak terlalu memperhatikan kondisi oli kendaraan, nantinya Anda akan mendapati mesin kendaraan yang mudah rusak. Jika sudah demikian, Anda harus mengganti komponen tersebut dengan yang baru. Kondisi ini bisa terjadi ketika Anda mengabaikan aktivitas mengganti oli secara berkala.

Itulah beberapa hal yang memang perlu Anda perhatikan terkait dengan kondisi oli kendaraan. Jangan sampai Anda lalai untuk selalu mengganti oli tersebut, atau Anda akan mendapati berbagai kerusakan seperti di atas. Selain merepotkan, biaya yang dikeluarkan juga tidak sedikit. Padahal, menghindari hal-hal di atas cukup dengan mengganti oli secara teratur.  Semoga bermanfaat!

Related Posts
Ayied Muhammad Riduan
Saya mengelola beberapa website/blog dengan berbagai niche yang terbuka untuk segala bentuk kerjasama. Kunjungi 𝗦𝗮𝘁𝘂𝗶𝗗𝗶𝗴𝗶𝘁𝗮𝗹.𝗶𝗱 atau di No Telepon/WA 𝟬𝟴𝟮𝟭𝟱𝟰𝟮𝟵𝟱𝟱𝟱𝟳 untuk detail informasi layanan jasa lainnya.
SHARE
Newest Older

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment