7WxW0BwfuKmx1EPBJmqUIT8xLtYZA4d5uEbC5S5P

Aman Mudik dengan Mobil Pribadi dengan Menerapkan Tips Ini

Tips Mudik Aman Dengan Mobil Pribadi

Memasuki akhir tahun, hampir sebagian besar masyarakat sudah memiliki rencana untuk menghabiskan malam tahun baru. Ada yang memilih staycation, ada yang di rumah saja, dan ada pula yang memilih untuk mudik. Nah, jika Anda termasuk ke dalam golongan terakhir, terutama jika ingin mudik dengan mobil pribadi, penting untuk memerhatikan tips mudik aman agar Anda bisa dengan selamat tiba sampai tujuan. 

Tips Mudik Aman Dengan Mobil Pribadi

Mudik dengan menggunakan mobil pribadi memang memiliki risiko yang tinggi. Namun, dengan mengikuti beberapa tips ini, Anda bisa pulang ke kampung halaman secara aman. 

1. Cek kondisi mobil

Hal pertama yang wajib Anda lakukan sebelum berangkat mudik adalah mengecek kondisi mobil secara detail. Pengecekan bisa Anda serahkan kepada bengkel kepercayaan Anda karena kondisi mobil yang prima sangatlah penting untuk bisa membawa Anda dan keluarga tiba dengan selamat. 

Pengecekan meliputi rem, mesin, oli, air bag, roda, dan sebagainya. Jika beberapa hal tersebut tidak berfungsi secara baik, maka besar peluangnya untuk terjadi kecelakaan. Jadi, jangan lupa dicek, ya.

2. Jangan membawa penumpang yang melebihi kapasitas

Setiap mobil tentunya memiliki kapasitas penumpang masing-masing. Oleh karena itu, demi menjaga keselamatan dan kenyamanan penumpang, maka jangan membawa penumpang yang melebihi kapasitas. Jika melebihi kapasitas, maka hal berbahaya bisa saja terjadi dan akan merugikan semua penumpang di dalam mobil.

3. Istirahat jika lelah atau mengantuk

Jika Anda merasa lelah maupun mengantuk saat sedang berkendara, maka janganlah memaksa untuk tetap menyetir. Carilah rest area terdekat untuk berhenti dan beristirahat sejenak. Tidak jarang ada orang yang ingin mengejar waktu agar cepat sampai, maka saat lelah tetap dipaksa menyetir. Inilah yang akan membahayakan seluruh penumpang.

4. Bawa uang tunai dan uang elektronik

Anda perlu menyediakan uang tunai di dompet secukupnya saja. Sebab ketika Anda memasuki daerah tertentu, bisa saja tidak menemukan mesin ATM. Belum lagi jika Anda harus berhenti di pom bensin untuk buang air kecil, maka biasanya akan membutuhkan uang tunai.

Lalu, sediakan juga uang elektronik. Hal ini sangat Anda butuhkan jika harus mudik yang melewati jalan tol. Sebab saat ini pembayaran jalan tol tidak lagi menggunakan uang tunai. Jadi, sebelum berangkat jangan lupa untuk mengisi saldonya. 

5. Patuhi rambu-rambu lalu lintas

Hanya karena terburu-buru ingin cepat sampai tujuan, jangan sampai Anda melanggar rambu-rambu lalu lintas. Bukan hanya akan dihentikan oleh polisi, tetapi perilaku ini juga akan membahayakan nyawa Anda dan penumpang lainnya. Sebab tidak jarang ada pengemudi yang melihat lampu rambu lalu lintas yang sepi, lalu diterjang begitu saja. Tetaplah menaatinya meski jalanan sedang sepi sekali pun. 

Dengan menerapkan beberapa tips tersebut, Anda pun tidak perlu khawatir lagi jika harus mudik dengan menggunakan mobil pribadi. Sebab jika Anda bisa menerapkan dengan baik, ini menjadi upaya Anda dalam menjaga keselamatan diri sendiri dan penumpang lainnya.

Related Posts
Ayied Muhammad Riduan
Saya mengelola beberapa website/blog dengan berbagai niche yang terbuka untuk segala bentuk kerjasama. Kunjungi 𝗦𝗮𝘁𝘂𝗶𝗗𝗶𝗴𝗶𝘁𝗮𝗹.𝗶𝗱 atau di No Telepon/WA 𝟬𝟴𝟮𝟭𝟱𝟰𝟮𝟵𝟱𝟱𝟱𝟳 untuk detail informasi layanan jasa lainnya.
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment